Apa sih Konsep Industri Kreatif Itu?

Apa sih Konsep Industri Kreatif Itu?

Semakin menipisnya sumber daya alam, membuat pelaku ekonomi harus memutar otak dalam menjalankan roda perekonomian. Di era modern seperti sekarang ini muncul istilah industri kreatif, tapi tahukah kamu konsep industri kreatif itu seperti apa?

Pengertian Industri Kreatif

Untuk mempermudah kamu dalam memahami konsep industri kreatif bisa dibedakan dengan industri yang lain, dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Industri ini memiliki unsur utama yang berupa kreativitas, keahlian, dan talenta yang berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. Industri kreatif menyediakan produk kreatif langsung kepada pelanggan dan mendukung dalam menciptakan nilai kreatif pada sektor lain, sehingga mampu meningkatkan nilai jualnya juga.
  3. Produk kreatif itu sendiri memiliki ciri-ciri produk dengan siklus hidup yang singkat, risiko tinggi, persaingan tinggi, dan mudah sekali untuk ditiru (plagiat) karena memang mengandalkan kreativitas dan inovasi dalam penciptaannya.

Manfaat Industri Kreatif

Setelah kamu memahami tentang apa itu konsep industri kreatif, sekarang kamu juga harus tahu apa saja manfaat dari bekembangnya industri itu sendiri. Berikut ulasannya:

1. Munculnya Bisnis Startup

Munculnya berbagai aplikasi seperti ojek online, belanja online, hingga bimbingan belajar online adalah contoh dari bisnis startup yang lahir dari buah pemikiran, ide, kreatif, dan inovatif. Bisnis ini muncul akibat dari permasalahan yang ada di masyarakat.

2. Percepatan Pertumbuhan Inovasi

Semakin berkembangnya industri kreatif, maka akan memicu seseorang untuk berpikir secara kreatif. Hal tersebut yang membuat setiap usaha maupun produk yang dipasarkan semakin inovatif seiring berjalannya waktu.

3. Pelaku Usaha Lebih Kompetitif

Semakin banyak perusahaan bermunculan membuat persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Sehingga, roda perekonomian negara akan terus berjalan untuk menciptakan pelayanan dan kemudahan yang lebih baik.

4. Menciptakan Individu Kreatif

Semakin berkembangnya industri kreatif membuat terlahirnya individu-individu baru, dengan ide-ide cemerlang dalam menciptakan produk yang bernilai ekonomi.

Tidak hanya itu, usaha yang bergerak pada bidang ini akan terus membuat pelaku usahanya senantiasa menciptakan produk-produk inovatif, agar mampu bersaing dengan perusahaan yang jauh lebih besar. Hal tersebutlah yang membuat para pelaku usaha ini semakin kreatif.

5. Meningkatkan Kualitas Produk

Pelaku industri kreatif memiliki persaingan yang ketat antar individu, kelompok, dan perusahaan yang selalu berlomba-lomba untuk menciptakan produk terbaik. Seperti kita tahu, para konsumen selalu mencari produk yang memiliki kualitas terbaik serta kemudahan dalam pemakaiannya.

Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin berkecimpung dalam industri ini, siap-siap untuk selalu memutar otak untuk menciptakan produk inovatif yang efektif dan efisien tentunya.

6. Terbukanya Lapangan Pekerjaan

Seiring dengan berkembangnya berbagai sektor industri, maka semakin banyak juga lapangan pekerjaan yang akan tercipta. Apalagi seperti industri kreatif yang memang tidak terlalu memerlukan tenaga ahli.

Jika kamu akan menjadi salah satu pengembang industri ini, maka kamu akan membantu juga menekan angka pengangguran di Indonesia, lho.

Tantangan Dalam Industri Kreatif

Memang bergerak dalam industri kreatif lebih mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan keahlian khusus dalam pengembangannya. Namun di sebagian negara, usaha ini memang belum sepenuhnya diakui mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Jika berencana untuk menggeluti usaha ini, sebaiknya perhatikan tantangan yang akan kamu hadapi nantinya. Yuk, simak apa saja tantangan tersebut!

1. Belum Diakui Sebagai Penggerak Roda Pembangunan

Industri kreatif diciptakan pertama kali pada tahun 1997 yang masih tergolong sebagai industri yang sering digalakan di negara negara maju. Namun, untuk beberapa negara belum terbukti secara aktual dapat menggerakan roda pembangunan

2. Tidak Ada Data Nilai Ekonomi dari Perkembangan Industri Kreatif

Perkembangan industri kreatif termasuk data yang subjektif, yang mana kekuatan ekonominya berada pada ide dan kreativitas suatu individu. Dengan begitu, sulit untuk dilakukan pengukurannya.

3. Tidak Ada Kebijakan yang Mendukung Perizinan, Investasi, dan Perlindungan Hak Cipta

Dalam persaingan industri kreatif masih sering terjadi penjiplakan ide. Ditambah lagi hukum yang mengatur belum memiliki parameter yang jelas mengenai produk yang dapat dikatakan plagiarisme. Sehingga, masalah seperti ini kerap terjadi antar pesaing bisnis.

4. Sulitnya Mengembangakan Usaha

Tingginya persaingan antar kompetitor menjadikan pengembangan usaha ini kian sulit. Dalam industri kreatif, inovasi yang tertinggal serta kreativitas yang terbatas merupakan halangan terbesar dalam berhadapan dengan perusahaan dengan bidang yang sama.

Industri kreatif adalah sebuah proses penciptaan ide dan kreativitas oleh seseorang, kelompok, atau perusahaan yang dapat menghasilkan karya bernilai tinggi. Menggeluti bisnis memang ini memiliki tantangan yang cukup besar, tetapi setelah mengetahuinya bisa menjadi modal untuk persiapanmu.